Rabu, 04 Februari 2009

Pura Banua Kawan Besakih

Nubung Pedagingan di Pura Banua Kawan Besakih
Selain upacara di Pura Manik Mas, di kawasan Pura Agung Besakih berlangsung pula upacara Mapepada di Pura Banua Kawan (linggih Ida Bhatara Sri) yang berlokasi di sebelah barat Pura Merajan Kanginan (kedua-duanya di selatan Bancingah Agung Pura Agung Besakih). Upacara Mapepada di Pura Banua Kawan ini serangkaian dengan dilaksanakan upacara Nubung Pedagingan Alit di pura tersebut terkait dengan telah dipugarnya palinggih di pura tersebut (upacara pamelaspas telah dilakukan beberapa waktu yang lalu).
Upacara Nubung Pedagingan Alit di Pura Banua Kawan ini dilaksanakan tanggal 5 Februari 2009, bertepatan dengan waktu pelaksanaan Ngusaba Buluh yang dilaksanakan saban tahun di Pura Banua Kawan. Selanjutnya, usai Ngusabha Buluh akan dilanjutkan dengan upacara Ngusaba Ngeed pada Purnama Kawolu Senin tanggal 9 Februari 2009 bersamaan dengan upacara pujawali di Pura Basukian Besakih (berlokasi di utara Bancingah Agung Pura Agung Besakih.
-
Keterangan Foto:
Foto 1: Pura Banua Kawan saat dilaksanakan upacara Pamelaspas Alit
Foto 2: Pura Basukian dilihat dari Bancingah Agung saat dilaksanakan upacara Mapepada serangkaian Ngenteg Linggih di Pura Basukian tahun 2004.
-
Perihal catatan dokumentasi kegiatan upacara Ngusaba Buluh, Ngusaba Ngeed dan pujawali di Pura Basukian akan segera saya susulkan. Moga aja nggak keteteran...... !
-

2 komentar:

  1. Wid,
    Blog tentang Panca Bali Krama (PBK) bagus. Terima kasih atas jerih-payahnya mengumpulkan berita-berita tentang PBK (mirip dgn PKB=Pesta Kesenian Bali) di Blog ini. Kalau ada berita PBK dari koran lain seperti Radar Bali, Nusa, atau media Jakarta, tentu pantas di-posting juga. Kelak kita tidak akan mudah mencari info sekitar PBK 2009. Selamat ngayah!

    salam dari Brisbane
    dar

    BalasHapus
  2. Suksma, laporan PBK sudah dibaca dari Brisbane. Ikuti terus blog ini (kanggoang blog aja) karena akan diperbaharui terus terutama liputan tentang Panca Bali Krama 2009. Tulisan media lain pasti dimuat, sudah dikapling di direktori "berita". Sekali lagi terima kasih. (ws)

    BalasHapus