Kamis, 26 Februari 2009

Panyineban di Pura Manik Mas Besakih










Panyineban Ngenteg Linggih Pura Manik Mas Besakih
Setelah berlangsung selama 24 hari sejak Soma Umanis Tolu, Senin, 2 Februari 2009, seluruh rangkaian upacara Pamelaspas, Mendem Pedagingan dan Ngenteg Linggih di Pura Manik Mas Besakih berakhir sudah dengan dilaksankannya upacara Panyineban sore tadi, Kamis 26 Februari 2009. Upacara Panyineban yang diikuti oleh krama pemaksan Ulun Kulkul, perwakilan krama dan Pemkab Jembrana serta para Pemangku Pura Agung Besakih ini berlangsung sejak jam 15.00 wita dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Oka Sidhanta dari Griya Gede Taman Sari, Yeh Embang, Mendoyo, Jembrana.
Prosesi Panyineban diawali dengan pemujaan oleh Ida Pedanda di Bale Pawedan dilanjutkan dengan pamuspaan (persembahyangan bersama), Nuwek Bagia (pralina upakara), Ngeseng Orti (membakar unsur pokok upakara) Mendem Bagia Pulakerti dan Nyineb Pralingga Ida Bhatara Manik Mas ke Pura Merajan Selonding yang berlokasi sekitar 300 meter arah utara Pura Manik Mas. Untuk diketahui, Pura Merajan Selonding adalah pasimpenan pralingga Ida Bhatara Soring Ambal-Ambal (pura yang berlokasi di sisi hilir atau selatan bancingah - halaman luar - Pura Penataran Agung Besakih).
Bersamaan dengan selesainya pemujaan panyineban oleh Ida Pedanda, dilaksanakan pula upacara Rsi Bhojana yang bermakna sebagai ungkapan terima kasih kepada para sulinggih yang berperan selama karya Pamelaspas, Mendem Pedagingan dan Ngenteg Linggih di Pura Manik Mas Besakih. Upacara Rsi Bhojana diwujudkan dalam bentuk menghaturkan persembahan punia dan rayunan (hidangan) oleh penyanggra karya kepada para sulinggih dilanjutkan dengan puja doa dan ditutup secara simbolis makan bersama oleh para sulinggih yang hadir saat itu. Seluruh rangkaian upacara panyineban berakhir pada jam 17.40 wita dengan prosesi ngalinggihang pralinga Ida Bhatara Manik Mas di Pura Merajan Selonding.
Seperti beberapa rangkaian upacara Manik Mas sebelumnya, usai upacara Panyineban, kawasan Besakih diguyur hujan deras.

.
.
Foto 1: Ida Pedanda Gede Oka Sidhanta melakukan pemujaan upacara panyineban di Bale Pawedan Pura Manik Mas Besakih.
Foto 2: Prosesi Ngeseng Orti di natar jeroan Pura Manik Mas Besakih usai pemujaan upacara Panyineban.
Foto 3: Rsi Bhojana
Foto 4: Prosesi mundut pralingga Ida Bhatara Manik Mas menuju Pura Merajan Selonding.
Foto 5: Sebelum menutup seluruh rangkaian upacara panyineban dilakukan persembahyangan bersama di Pura Merajan Selonding.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar