Selasa, 10 Februari 2009

Liputan Besakih, Purnama Kawolu 9 Februari 2009

Besakih Purnama Kawolu, 9 Februari 2009.
Tanggal 9 Februari 2009 kemarin adalah hari ”padat ritual” di Pura Agung Besakih. Selain acara persembahyangan rutin pada setiap purnama, kemarin pagi hinga siang diselenggarakan upacara piodalan di Pura Ida Ratu Pasek (Catur Lawa), upacara pamelaspas alit di Pura Ida Ratu Dukuh (Catur Lawa), pujawali di Pura Basukian dan sore hingga tengah malam diselenggarakan upacara Ngusabha Ngeed yang secara rutin dilaksanakan saban tahun pada purnama kawolu (Purnama 8). Amat pantas bila saban Purnama Kawolu kawasan Pura Agung Besakih padat sepanjang hari.
Lumayan melelahkan mengikuti upacara Ngusabha Ngeed berjalan kaki berkeliling seputar kawasan Besakih, dari Pura Penataran Agung Besakih ke Pura Manik Mas di ujung selatan, Pura Batu Madeg di sisi barat laut Penataran Agung, Pura Kiduling Kreteg di sisi timur laut Penataran Agung kembali ke Pura Penataran dan berakhir di Pura Banua Kawan di sisi selatan Penataran Agung. Seluruh rangkaian upacara Ngusabha Ngeed yang dikuti oleh seluruh krama Besakih dan Pemkab Buleleng (selaku pangemong) berakhir jam 23.46 wita.
Panas badan berjalan kaki keliling Besakih mampu mengusir dingin tapi batere kamera dan ponsel langsung drop (dingin banget) sehingga terpaksa rada ngirit motret dan berponsel. Dini hari jam 01.26 baru tiba di Denpasar sehingga info ini baru bisa upload siang ini.
.
Foto: purnama di Pura Penataran Agung Besakih, 9 Februari 2009

2 komentar:

  1. So amazhing.....
    no comment, except one word: Excellent>>>!!!

    BalasHapus
  2. @Igde, duh...amat terlambat saya menyapa Anda. Terlalu memikirkan update terkini membuat saya lalai menengok posting yang telah lewat.
    Dari saya, one word juga....suksma.

    BalasHapus