Selasa, 24 Februari 2009

BNI 46 Ngayah di Pura Besakih

Selasa, 24 Februari 2009 BP

BNI 46 KCU Denpasar dan Renon 'Ngayah' di Pura Besakih
Karangasem (Bali Post) –
Karya Agung Panca Bali Krama dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali, yaitu pada Tilem Caitra (Tilem Kasanga) ketika tahun Saka berakhir dengan nol (Rah Windu). Upacara untuk tahun Saka 1930 ini akan jatuh pada hari Rabu Paing Kuningan, 25 Maret 2009.
Karya Agung Panca Bali Krama pada intinya adalah pelaksanaan dari Bhuta Yadnya dan Dewa Yadnya yang bermakna untuk menyucikan alam semesta menuju tatanan yang harmoni.
Sebagai wujud kepedulian masyarakat perbankan terhadap masalah-masalah spiritual, untuk menyeimbangkan kebutuhan jasmani dan rohani, pada Sabtu, 20 Februari 2009, dipimpin langsung oleh Pemimpin Cabang Denpasar (I Nyoman Mudiastra) dan Pemimpin Cabang Renon (I Wayan Sumertha), sekitar 105 orang karyawan dan karyawati BNI 46 KCU Denpasar dan Renon yang beragama Hindu di bawah naungan Bapehind melaksanakan kegiatan ngayah bersama di Pura Besakih.
Selesai melaksanakan sembahyang bersama, kegiatan ngayah diawali dengan pembersihan di sekitar areal pura dengan menggunakan peralatan sapu dan sabit serta peralatan lainnya yang sudah disiapkan oleh masing-masing pangayah. Kegiatan selanjutnya dibagi dua tugas. Bagi pangayah laki-laki mengerjakan tugas membuat klakat untuk keperluan upacara dari bambu. Sedangkan bagi pangayah perempuan mengerjakan tugas membuat jajan untuk sesajen dan membuat canang.
Pada kesempatan tersebut, BNI KCU Denpasar dan Renon menyerahkan pula dana punia berupa kopi dan beras serta uang tunai sebesar Rp 2.010.000 yang diterima langsung oleh panitia pelaksana upacara. (r/*)
Sumber: Bali Post, 24 Februari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar