Minggu, 01 Maret 2009

Minggu 1 Maret 2009, Lebih 1000 orang Ngayah di Besakih

Minggu, 1 Maret 2009, Lebih 1000 Orang Ngayah di Besakih.
Seperti telah dilaporkan dalam blog ini kemarin, Minggu 1 Maret 2009 Pura Agung Besakih kembali “diserbu" ratusan pengayah dari berbagai kelompok. Pengayah yang tercatat kemarin sebanyak 12 kelompok terdiri dari sekitar 500 orang, hingga siang tadi bertambah menjadi 19 kelompok terdiri dari 971 orang. Bila ditambah dengan pengayah perorangan dan kelompok kecil yang tidak terdaftar maka diperkirakan lebih dari 1000 orang hadir di Besakih hari ini untuk ngayah.
Pengayah istri sepenuhnya membantu Sang Tapini dan Tukang Banten membuat berbagai kelengkapan upakara atau bahan-bahan untuk banten dan membuat berbagai jenis kue (jaja catur) di areal Suci Pura Agung Besakih dengan pengawasan penuh dari 5 orang Ida Pedanda Istri Tapini. Pengayah lanang bekerja mareresik (kebersihan) dan membuat klatkat (anyaman bambu sarana upakara) di natar jeroan Pura Penataran Agung Besakih.
Selain ngayah (kerja bakti dan pelayanan kesehatan) kelompok Media Bali Post juga menyerahkan punia berupa saperadeg (seperangkat) busana kepada para pinandita Pura Agung Besakih. Selain itu, tercatat pula kelompok pengayah dari Rumah Sakit Indera Denpasar memberikan pelayanan kesehatan mata kepada para pemangku Pura Agung Besakih.
Paruman Penyanggra Karya
Terkait dengan semakin dekatnya pelaksanaan puncak Karya Agung Panca Bali Krama, jam 17.00 sore tadi diselenggarakan paruman para koordinator Penyanggra Karya (panitia lokal Besakih) untuk memantapkan persiapan masing-masing bidang. Direncanakan besok sore 2 Maret 2009 akan diselenggarakan rapat pleno panitia lokal Besakih dan 3 Maret 2009 nanti akan diselenggarakan rapat dengan pemaksan pura Pedharman sajebag Pura Agung Besakih terkait dengan prosesi Palelastian yang akan berlangsung selama 3 hari, 21 hingga 23 Maret 2009.
.
Foto 1: Ida Pedanda Istri Mas dari Griya Budakeling, Karangasem adalah pangelingsir Ida Tapini dan tercatat sebagai pengayah tertua (diperkirakan berusia 108 tahun) yang tetap menunjukkan semangat tinggi dalam mempersiapkan berbagai perlengkapan sesajen.
Foto 2: Daftar pengayah hari Minggu 1 Maret 2009.
Foto 3: Para pengayah istri dibimbing oleh Ida Pedanda Istri sedang membuat Jaja Catur.
Foto 4: Selain membuat perlengkapan upakara, pengayah lanang juga melakukan kegiatan kerja bakti menata kebersihan dan pertamanan kawasan Pura Penataran Agung Besakih.
.

2 komentar:

  1. bagi administrator blog ini yang sangat komit untuk selalu mengupdate berita upakara dan upacara, selamat ngayah juga.

    BalasHapus
  2. @Anonim, terima kasih. Dukung dengan selalu berkunjung. Makin hari, kian padat kegiatan Panca Bali Krama Pura Agung Besakih.

    BalasHapus