Senin, 02 Maret 2009

Ngayah dan Pelayanan Kesehatan di Besakih

Senin, 02 Maret 2009 BP
'Ngaturang Ayah' di Besakih

Dibagikan 120 Kacamata,14 Orang Operasi Katarak PELAYANAN kesehatan gratis di Pasraman Besakih, Minggu (1/3) kemarin, terkesan sangat istimewa. Selain puluhan dokter spesialis dilibatkan dan pembagian 120 kacamata gratis, juga dilakukan operasi langsung terhadap 14 penderita katarak.
Antusiasme masyarakat untuk mendapat pelayanan pengobatan telah tampak sejak pagi. Hingga ditutup pelayanan pukul 12.00 wita, sebanyak 250 pasien dilayani. Selain memeriksakan mata, juga berbagai penyakit dalam, THT dan gigi. Pelayanan kesehatan gratis yang dikoordinatori Koperasi Krama Bali dan Radio Global itu dilayani dua rumah sakit yakni RS Indera dan RS BaliMed. Bahkan, kedua petinggi di dua rumah sakit itu langsung mengkoordinatori dokter yang menangani masyarakat.
Direktur RS Indera Provinsi Bali dr. Pande Nyoman Srijoni, M.Kes. mengatakan, pada pengobatan kemarin sekitar 120 kacamata diberikan secara gratis dan telah dilakukan operasi katarak bagi 14 orang pasien yang tidak mampu. 'Kami memeriksa pasien yang mengalami keluhan pada penglihatannya. Jika memang membutuhkan kacamata kami berikan dan jika ada katarak langsung dioperasi saat itu juga. Rata-rata pasien yang menjalani operasi katarak berumur 40 tahun ke atas,' ujarnya.
Sementara itu, Direktur PT Dharma Medistra dr. I Putu Gde Wardhiana, Sp.Og. mengatakan, ngaturang ayah di Besakih ini merupakan bentuk kepedulian sosial RS BaliMed dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Hal senada juga diungkapkan Direktur RS BaliMed dr. Kompiang Gautama, Sp.A. Katanya, dalam memberi pelayanan ini BaliMed menerjunkan 15 dokter dan perawat. Terjunnya belasan dokter spesialis ini menunjukkan BaliMed sangat peduli pada kesehatan masyarakat Bali, utamanya mereka yang tidak mampu.
Kasubag Humas RS BaliMed dr. Gede Harsa Wardana mengatakan total pasien umum yang datang sekitar 130 orang. Kebanyakan dari mereka menderita ISPA, penyakit kulit dan rematik. Pada kegiatan kemarin, BaliMed menerjunkan dr. I Putu Gde Wardhiana, Sp Og.(K), dr. Komang Tonika, Sp.Og., dr. Nyoman Sutjidra, Sp.Og., dr. GN Serangan, Sp.Og., dr. Kompiang Gautama, Sp.A., dr. Made Sastrawan, Sp.THT., dr. Made Intaran, Sp.THT., dr. Putu Budhiastra, Sp.M., dr. IB Nyoman Mahendra, Sp.PD., drg. Agus Gede Sutamaya, dr. Gede Harsa Wardana, dr. Ngurah Budiarta dan dr. Komang Putra Tridiyoga. Selain itu diterjunkan tiga perawat yakni Alit Aryawan, Made Suarmita, Nyoman Budiana.
Sementara dari RS Indera Provinsi Bali diturunkan sekitar 23 personel yakni dr. Pande Nyoman Srijoni, M.Kes., dr. IGNM Sugiana, Sp.M., dr. Ni Made Yuniti, M.M., dr. I Ketut Alit Sukadana, dr. Ketut Mudita Adnyana, Drs. IGN Mertakota, Bagus Ngurah Brahmantara, S.Ked., IGA Aswitari, Kadek Arnata, Ketut Wijaya, I Gst. Agung Putu Darma, Wayan Darma, Nengah Arta, Wayan Sudana, Komang Suartana. Untuk operasi katarak ditangani dr. Wayan Gde Jayanegara, Sp.M., IGA Gunapriyatni, Luh Nyoman Wismayanti, S.Kep., I Putu Gede Udi Laksana Utama, Ketut Suwita, Putu Yuliatini, Sang Nyoman Widra Putra, Wayan Susana.
Untuk pemeriksaan mata, kembali akan dilangsungkan Rabu, 4 Maret 2009 di Pasraman Besakih. Pada kegiatan yang dikoordinatori Tabloid Tokoh (KMB) bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia dan The John Fawcett Foundation, juga akan dibagikan kacamata gratis. (031/kmb24)
Sumber: Bali Post, 2 Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar