Senin, 09 Maret 2009

Ngayah, Besakih 8-9 Maret 2009

Ribuan orang Ngayah ke Besakih. BPD Bali Mapunia 75 Juta
Seperti pernah saya tulis, pengayah yang datang ke Besakih kian hari makin meningkat, demikian pula dengan punia dari umat Hindu. Sejak upacara Nuwasen Karya dan Nunas Tirta Panglukatan lan Pamarisudha, 25 Februari 2009 yang lalu, rata-rata 250 – 500 orang tiap hari datang ke Besakih untuk ngaturang ayah. Jumlah pengayah membengkak berlipat saat akhir minggu pada hari Jumat hingga Minggu, silih berganti datang sejak pagi hingga menjelang malam. Hari Minggu tanggal 8 Maret 2009, misalnya, tercatat yang mendaftarkan ke Panitia Karya mencapai angka 2.750 orang dan yang hadir bahkan melebihi jumlah tersebut (rekap Panitia mencatat angka lebih 3.400 orang).
Selain mengerjakan persiapan upakara/sajen di Suci dan Pura Penataran Agung Besakih, sebagian pengayah disebar ke pura pakideh di kawasan Pura Agung Besakih. Sebagian pengayah (yang memiliki kemampuan sebagai tukang bangunan) diarahkan untuk mengerjakan bangunan di Genah Tawur. Penyelesaian bangunan ini harus secepat mungkin (tanggal 11 Maret 2009) karena pada Kamis 12 Maret 2009 akan dilakukan pemasangan atribut bangunan(ngunggahang busana wewangunan) dan Jumat 13 Maret 2009 nanti akan dilangsungkan upacara Bumisudha dan Pamarisudha Genah Tawur. Hari ini, 9 Maret 2009 tercatat sekitar 2700 orang pengayah dari berbagai kelompok hadir ke Besakih membantu pekerjaan persiapan upacara.
Menurut catatan Panitia Karya, dana punia berupa uang tunai yang terkumpul - khususnya dari umat yang ngaturang ayah ke Besakih - sejak tanggal 24 Februari hingga 8 Maret 2009 mencapai Rp. 98.260.000,- Hingga kemarin 8 Maret 2009, sumbangan (aturan) berupa bahan-bahan upacara amat banyak yang diperkirakan melebihi nilai sumbangan uang. Sumbangan tersebut belum termasuk sumbangan bahan-bahan (busana dan wewalungan) yang disalurkan melalui Kelompok Media Bali Post.
Siang tadi, 9 Maret 2009, pimpinan dan karyawan Bank Pembangunan Daerah Bali sebanyak 300 orang sejak pagi ngaturang ayah dan menutupnya dengan ngaturang punia sejumlah Rp. 75.000.000,-. Sumbangan diserahkan langsung oleh Dirut BPD Bali didampingi para direktur yang diterima oleh Bendesa Desa Pakraman Besakih yang juga Ketua Panitia Pelaksana Karya Agung Panca Bali Krama lan Bhatara Turun Kabeh Pura Agung Beskaih 2009.
.
Foto 1: Sebagian pengayah sedang mengerjakan bangunan / wewangunan Tawur di Bancingah Agung Pura Agung Besakih.
Foto 2: Pengayah membantu mengerjakan sarana upakara di Suci Pura Agung Beskaih.
Foto 3: Dirut BPD didampingi para direktur siang tadi 9 Maret 2009 menyerahkan punia uang tunai sejumlah 75 juta yang diterima oleh Bendesa Dwesa Adat Besakih di Sekretarian Panitia Karya.
.

3 komentar:

  1. OM Swastyastu,
    Dear Pak Made Widnyana, Tak terhingga terima kasih yang tyang sampaikan atas tulisan blognya, sangat berguna bagi tyang dan juga teman-teman di Rantau seperti tyang, semoga blognya diupdate terus dan tyang bisa tahu perkembangan "Info Pura Agung Besakih dan Karya Agung Tawur Panca Bali Krama. Desember 2008 - April 2009", Wenten saran tiang yang belum ketemu, bagi umat dirantau mungkin ingin me Yadnya (Dana Punia), namun lebih effective dalam bentuk dana, untuk itu tolong info Rekening panitia yang bisa di Tujukan untuk Umat Untuk Meyadnya (Dana Punia),

    OM Santhi,Santhi,Santhi Om,

    Suksme.
    Umat:
    I Made Mudra & Kluarga
    dari Semaon, Payangan,Gianyar,Bali
    Sekarang di Papua Kerja di PT.Freeport Indonesia
    Timika Papua.

    BalasHapus
  2. Om Swastyastu,
    Pak Made Mudra, suksma atas dukungannya. Saya telah berjanji kepada diri sendiri, ini yang berat, untuk mencatat dan mendokumentasikan upacara Panca Bali Krama 2009 secara lengkap. Semoga janji saya ini bermanfaat pula bagi orang lain, terutama bagi umat Hindu, terlebih yang berada dirantau. Semoga Ida Hyang Widhi berkenan dan memberi kesehatan dan tan kapialang kepada diri saya untuk ngayah.
    Perihal Dana Punia, setahu saya Panitia tidak memiliki rekening Punia. Pak Made bisa menghubungi Bali Post yang juga ngayah menyalurkan Dana Punia berupa barang dan uang. Kontak Bali Post, coba lihat situs http://www.balipost.co.id
    Rahajeng Galungan & Kuningan dan Nyepi, dumogi sami sadya rahayu.
    Om Shanti, Shanti, Shanti, Om

    Widnyana Sudibya

    BalasHapus
  3. trima kasih buat informasinya pak.ini benar2 berarti bagi kami yg diperantauan. kalo ada no rek dana punianya.
    umat:
    Ida Bagus AIit
    saat ini bertugas di
    bni ruteng-flores

    BalasHapus