Senin, 02 Maret 2009

Perlu Ribuan "Wewalungan"

Senin, 02 Maret 2009 BP
Panca Bali Krama, Perlu Ribuan 'Wewalungan'

ANTUSIASME masyarakat Bali ngaturang ayah di Pura Besakih makin hari makin meningkat. Hal ini diakui Bendesa Pakraman Besakih Wayan Gunantra, Minggu (1/3) kemarin.Kata Gunantra, kondisi ini sangat berbeda kalau dibandingkan 10 tahun lalu. Selain ngaturang ayah, punia juga terus berdatangan. Seperti bantuan berbagai peralatan, busana pemangku yang diserahkan Inti Bali serta sukaduka karyawan Bali Post menyerahkan 500 kg beras.
Meski demikian, kata Gunantra, sejumlah wewalungan yang akan dijadikan sarana upacara juga masih diperlukan seperti enam ekor kerbau, 20 ekor kambing, 4 ekor penyu, 6 ekor angsa, 2.000 ekor itik, 3.000 ekor ayam, 10 ekor babi butuan, 50 ekor babi guling (berat tujuh kilogram) serta 50 ekor babi besar (minimal berat seratus kilogram).
Serahkan Wastra
Sementara itu, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Bali, Minggu (1/3) kemarin menyerahkan bantuan separangkat busana (wastra) untuk seluruh pemangku di Pura Besakih. Bantuan Inti Bali itu diserahkan Ketua Inti Bali Cahaya Wirawan Hadi disaksikan Bendesa Adat Besakih Wayan Gunantra.
Selain bantuan busana untuk pemangku lanang dan istri, juga diserahkan bantuan berupa kotak sampah dan air mineral dari FIF serta paket susu kedelai dari Metabolis. Penyerahan paket susu kedelai untuk pemangku dilakukan perwakilan Metabolis untuk Bali, Dewa Made Darma Wijaya. (031)
Sumber: Bali Post, 2 Maret 2009

2 komentar:

  1. Semoga administrator blog tetap diberi energi prima selama mengikuti hari-hari upakara ini.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas doa Anda, itu pula yang senantiasa saya mohonkan setiap saya tiba di Pura Agung Besakih sebelum memulai "pekerjaan".

    BalasHapus