Jumat, 20 Maret 2009

Upacara 7, Nedunang Pralingga Ida Bhatara

Upacara 7, Nedunang pralingga Ida Bhatara Pura Agung Besakih, 20 Maret 2009
Upacara Nedungang Pralingga Ida Bhatara yang dilaksanakan sore hari di semua Gedong Pasimpenan di kawasan Pura Agung Besakih. Secara kelompok besar, gedong pasimpenan pralingga Ida Bhatara di Pura Agung Besakih terbagi dalam 4 kelompok, yaitu: gedong pasimpenan Ida Bhatara Luhuring Ambal-Ambal di palinggih Meru Tumpang Tiga atau palinggih Kehen Pura Penataran Agung Besakih, gedong pasimpenan Ida Bhatara Soring Ambal-Ambal di Pura Ulun Kulkul, pasimpenan Ida Bhatara di Pura Batu Madeg (biasanya diiringkan bersamaan dengan pralingga Ida Bhatara Prajapati Hyang Aluh), dan pasimpenan Ida Bhatara Kiduling Kreteg.
Secara berurutan tiba di palinggih Pengaruman Agung adalah pralingga Ida Bhatara Luhuring Ambal-Ambal disusul oleh pralingga Ida Bhatara Kiduling Kreteg, pralingga Ida Bhatara Soring Ambal-Ambal, pralingga Ida Bhatara Prajapati Hyang Aluh dan terakhir adalah pralingga Ida Bhatara Batu Madeg.
Setelah seluruh pralingga Ida Bhatara Pura Agung Besakih ditempatkan di palinggih Pengaruman Agung kemudian dilakukan pemujaan oleh Sulinggih Ida Pedanda Gede Wayahan Buruan Manuaba dari Griya Wayahan Buruan, Gianyar yang melakukan pemujaan dari Bale Gajah. Pemujaan upacara Nedunang pralingga Ida Bhatara Pura Agung Beskaih diakhiri dengan persembahyangan bersama di natar Pura Penataran Agung Besakih.
Bersamaan dengan Nedunang pralingga Ida Bhatara Pura Agung Besakih, prosesi yang sama diselenggarakan pula di Pura Catur Lawa (Ida Ratu Pasek, Ida Ratu Pande, Ida Ratu Dukuh dan Ida Tatu Penyarikan), pura Pedharman (12 pedharman) di kawasan Pura Agung Besakih juga yang dilaksanakan oleh pangempon pura pedharman masing-masing.
.
.
Foto 1: Iring-iringan nedunang pralingga Ida Bhatara Luhuring Ambal-Ambal. Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan mantan gubernur Bali Dewa Made Beratha turut ngayah mundut pralingga Ida Bhatara Lingsir.
Foto 2: Bupati Karangasem, Wayan Geredeg dan krama Karangasem mundut pralingga Ida Bhatara Kiduling Kreteg.
Foto 3: Iring-iringan pralingga Ida Bhatara Batu Madeg naik menuju palinggih Pengaruman Agung.
Foto 4: Muspa atau persembahyangan bersama sebagai bagian akhir dari prosesi Nedunang pralingga Ida Bhatara Pura Agung Besakih.
.

1 komentar:

  1. om swastyastu
    bli made saya mau lihat foto pralingga ida betara lingsir. soalnya saya sebagai umat hindu bali belum pernah lihat pralingga ida betara.
    suksma bli made

    gus puja (gusdex_bagus@yahoo.com)

    BalasHapus