Kamis, 12 Maret 2009

Jalur Melasti....

Besakih, Kamis 12 Maret 2009,
Masang Busana Genah Tawur dan Aci Penyabran

Menjelang upacara Bhumi Sudha dan Pamarisudha sebagai rangkaian upacara ke 5 Karya Agung Panca Bali Krama 2009, hampir seluruh wewangunan (bangunan) di Genah Tawur telah selesai dikerjakan kecuali panyengker (pagar areal tawur) yang diperkirakan akan selesai besok pagi. Untuk pelaksanaan upacara Bhumi Sudha dan Pamarisudha besok, Jumat 13 Maret 2009, hari ini telah dilakukan pembersihan genah tawur dari sisa-sisa bahan bangunan dan dilakukan pula pemasangan busana wewangunan genah tawur. Busana bangunan sanggar dan bale pawedaan disesuaikan dengan warna pangider nyatur empat warna di empat arah, yaitu: hitam-utara, putih-timur, merah-selatan, dan kuning-barat, serta manca warna di sanggar pemujaan di tengah.
Pemujaan upacara Bhumi Sudha akan dilaksanakan jam 10.00 wita di genah tawur Bancingah Agung Pura Agung Besakih dipimpin oleh Ida Pedanda Dwija Nugraha sedangkan pemujaan Pamarisudha di Pura Penataran Agung Besakih dilaksanakan pada jam 15.00 wita dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Putra Tembau.
Selain keseharian kegiatan ngayah oleh sekitar 500 orang pengayah, hari ini, Wrahaspati Wage Sungsang Kamis 12 Maret 2009, bertepatan dengan saat persembahan penyabran (berkala tiap 6 bulan) di palinggih Ida Bhatara Maspahit, Ida Bhatara Geng dan Ida Bhatara Tulus Dewa di mandala 3 (di hulu natar Padma Tiga) Pura Penataran Agung Besakih. Ritual ini tidak terkait dengan rangkaian Karya Agung Panca Bali Krama karena merupakan ritual tetap yang dilaksanakan berkala setiap 6 bulan oleh para pemangku, prajuru dan pemaksan (Ulun Kulkul) selaku pangempon.

.

Foto 1: Ida Pedanda Istri Karang melakukan pemujaan upacara penyabran katur ring Ida Bhatara Maspahit, Ida Bhatara Geng dan Ida Bhatara Tulus Dewa.
Foto 2: Suasana upacara penyabran.
Foto 3: Puri Agung Karangasem bersama beberapa Bendesa wilayah Karangasem ngaturang punia sekaligus ngayah di Pura Agung Besakih, siang tadi, 12 Maret 2009
Foto 4: Bangunan Genah Tawur menjelang rampung dan telah dilakukan pemasangan busana wewangunan.
.

Merunut Jalur Melasti
Ketika ditugaskan untuk membuat peta jalur pemargi Palelastian dari Besakih - Klotok - Besakih, saya merasakan keraguan untuk membuat serta memperkirakan jarak tempuh jalur tersebut. Usai meliput, mencatat dan mendokumentasikan beberapa kegiatan di Besakih saya memutuskan untuk menelusuri jalur Palelastian Besakih-Klotok-Besakih. Beruntung, Jro Mangku Karyasa (Pemangku Pura Merajan Kanginan, Besakih) yang beberapa kali mengikuti proses palelastian berkenan menemani penelusuran itu.
Proses palelastian yang dilaksanakan tanggal 21 hingga 23 Maret 2009 nanti akan melewati 29 Desa Pakraman (termasuk Desa Pakraman Besakih) dengan 26 titik pamendak (penyambutan) yang secara tradisi telah dilaksanakan setiap ritual palelastian ke segara Klotok. Di Pura Penataran Agung Klungkung dan Klotok baru akan dilaksanakan kegiatan persiapan nyanggra (menyambut) palelastian besok tangal 13 Maret 2009 sedangkan di Pura Puseh Tohjiwa dan Pura Puseh Tebola, Sidemen sudah dilakukan berbagai persiapan nyanggra oleh krama pangempon.
Berdasarkan angka spedometer kendaraan saya (mudah-mudahan tepat), jarak tempuh Besakih – Klotok (kondisi menurun melalui Menanga, Bukit Jambul, Klungkung dan Tojan – 27 kilometer) dan Klotok – Besakih (kondisi menanjak melalui jalur Paksebali, Sidemen, Besakih – 43 kilometer) mencapai total jarak 70 kilometer.
Menjelang hari palelastian 21 maret nanti, Penyanggra Karya (panitia lokal Besakih) merencanakan akan melakukan peninjauan kembali jalur tersebut sekaligus melakukan koordinasi dengan desa pakraman yang dilalui palelastian dan tempat pelaksanaan upacara pamendak. Koordinasi khusus akan dilakukan pula dengan pangempon Pura Penataran Agung Klungkung dan Pura Puseh Tebola, Sidemen yang dipergunakan sebagai tempat bermalam saat iring-iringan kembali dari Klotok menuju Besakih.

Pada posting kali ini, saya sertakan foto areal Tawur di sisi barat Pura Klotok (foto atas) dan peta jalur Palelastian sesuai dengan penelusuran siang hari ini. Jika ingin download, klik untuk memperbesar kemudian klik kanan dan save picture. Semoga bermanfaat.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar