Jumat, 24 April 2009

Upacara 14 - Rsi Bhojana, 21 April 2009

Upacara 14 – Rsi Bhojana, Selasa 21 April 2009

Setelah diselenggarakan upacara Penganyar setiap hari sejak pelaksanaan upacara Ida Bhatara Turun Kabeh, pada hari Selasa 21 April 2009 diselenggarakan upacara Upacara Rsi Bhojana dilaksanakan di Pura Penataran Agung Besakih. Upacara Rsi Bhojana mengandung makna sebagai ungkapan rasa terimakasih umat kepada para Sulinggih / pendeta yang telah membimbing dan memimpin penyelenggaraan Karya Tawur Agung Panca Bali Krama lan Ida hatara Turun Kabeh ring Pura Agung Besakih 2009 sehingga berjalan dengan baik dan lancar.
Hadir sebanyak 65 orang pendeta dari yang direncanakan sebanyak 99 orang pendeta yang turut serta dalam proses pelaksanaan upacara Tawur Agung itu dan perwakilan dari setiap wilayah hadir di natar Pura Penataran Agung Besakih untuk secara simbolis menerima "punia" atau persembahan yang antara lain mewakili unsur sandang, pangan dan berbagai perlengkapan pendeta. Hampir sama dengan upacara Ajang Agung, ritual Rsi Bhojana ditutup oleh para pendeta dengan katuran bhojana (makan bersama) yang dilaksanakan di Suci Pura Agung Besakih.
.
Foto 1:
Para Sulinggih melakukan pemujaan dan persembahyangan di natar Pura Penataran Agung Besakih, di depan palinggih Padma Tiga.
Foto 2:
Usai melakukan pemujaan dan persembahyangan, para Sulinggih katuran bhakti bhojana atau rayunan (hidangan) dan makan bersama di Suci Pura Agung Besakih.
Foto 3: Pada pelaksanaan upacara Rsi Bhojana, hadir pula Wakil Gubernur Bali A.A. Puspayoga dan jajaran pemerintahan tingkat propinsi, kabupaten dan kota sebagai unsur guru wisesa.

1 komentar: