Rabu, 08 April 2009

Upacara 12 - Mapepada dan Pamemben

Mapepada dan Pamemben, 8 April 2009
Sebagai rangkaian awal upacara Ida Bhatara Turun Kabeh, hari ini Rabu 8 April 2009 diselenggarakan upacara "Mapepada" yang dilaksanakan sama dengan Mapepada Tawur Agng Panca Bali Krama (24 Maret 2009) yaitu dengan tata cara mengiringkan beberapa jenis binatang mengelilingi natar Pura Penataran Agung Besakih pada arah berlawanan jarum jam (presawya) sebanyak tiga kali yang secara filosofis diartikan sebagai satu prosesi untuk memohon kehadapan Tuhan / Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk berkenan memberikan berkah dan anugerah kepada binatang yang dipergunakan dalam rangakaian upacara Ida Bhatara Turun Kabeh. Upacara Mapepada diakhiri dengan prosesi panglepas prani (dengan sesajen dan tirtha lepas prani) dan nuwek (menyentuhkan senjata Ida Ratu Pande ke tubuh binatang-binatang tersebut)sebagai simbol binatang tersebut telah binasa
Usai upacara Mapepada, binatang-binatang tersebut disembelih di perantenan Pura Agung Besakih dan beberapa bagian digunakan sebagai pelengkap sesajen. Sore hari dilakukan kegiatan Nyoroh Banten atau menata sesajen untuk persembahan Tawur pada keesokan harinya. Kegiatan Nyoroh Banten ini diakhiri dengan ritual Puja Pamemben pada malam hari yang bermakna pernyataan bahwa seluruh upakara/sesajen telah dipersiapkan dan ditata secara lengkap. Upacara Puja Pamemben ini dilakukan oleh Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Griya Sibetan, Karangasem.
.
.
Foto 1: Sesaat menjelang prosesi mengiringkan wewalungan yang digunakan dalam prosesi Mapepada.
Foto 2: Prosesi Panglepas Prani berupa pemberkatan wewalungan dengan sesajen dan tirta panglepas prani dan nuwek atau menyentuhkan senjata pusaka Iada Ratu Pande ke tubuh wewalungan (binatang).
Foto 3: Nyoroh banten untuk upacara Ida Bhatara Turun Kabeh seusai upacara Mapepada di Sanggar Tawang natar Pura Penataran Agung Besakih. Tampak Ida Pedanda Istri Karang (kiri) dibantu oleh pengayah istri menata sesajen/banten di Sanggar Tawang Pura Penataran Agung Besakih.

1 komentar: