Selasa, 20 Januari 2009

Pileg dan Panca Bali Krama

Dikhawatirkan, Pileg Berbenturan dengan Panca Wali Krama
Denpasar (Bali Post), 15 Januari 2009
Pencoblosan Pemilu Legislatif (Pileg) yang bertepatan dengan puncak karya agung Panca Wali Krama di Besakih membuat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali khawatir. Setidaknya proses pencoblosan di
Kabupaten Klungkung, Karangasem dan Bangli akan mengalami hambatan serius mengingat umat akan melakukan ritual keagamaan.
'Kami telah mencoba melakukan negosiasi ke KPU pusat mempermaklumkan hal ini. Tampaknya sulit mengundur jadwal pencoblosan 9 April mendatang untuk tiga wilayah kabupaten tersebut,' ujar Ketua KPUD Bali Sukawati Lanang Perbawa, Rabu (14/1) kemarin.
Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak di antaranya kalangan DPRD Bali, Gubernur termasuk mengagendakan akan mengundang elite parpol di Bali. Pihaknya mengakui kegiatan ritual di Pura Batur dan Besakih juga akan membuat pemilih di kabupaten lainnya ikut terkoreksi.
Lanang juga mengatakan tak hanya jadwal pencoblosan yang berbenturan, masa kampanye partai juga menghadapi banyak kendala. Pihaknya menginventarisasi setidaknya ada lima belas hari masa kampanye politik di Bali yang berbenturan dengan kegiatan Galungan, Kuningan, Penyepian dan hari-hari keagamaan lainnya.
Pengamat sosial politik Dewa Gede Swastha meminta KPUD Bali melakukan upaya-upaya yang lebih jelas mengurai benturan jadwal ini. Langkah cepat harus ditempuh, termasuk memfasilitasi pertemuan dengan para bendesa pakraman di tiga wilayah tersebut. Di tengah makin suburnya antipati publik terhadap proses politik, benturan jadwal ini bisa menjadi kandala serius dalam menarik pemilih ke TPS, ujarnya. (044)

------------------------------------------------------
Disebutkan dalam berita tersebut bahwa Pileg 9 April 2009 bertepatan dengan puncak karya Tawur Panca Bali Krama. Dalam buku Yasa Kerti Karya Agung Panca Bali Krama disebutkan bahwa puncak Karya Tawur Panca Bali Krama adalah tanggal 25 Maret 2009 sedangkan 9 April 2009 adalah puncak karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih dan Ngusabha Kadasa di Pura Ulun Danu Batur.
Tanggal 9 April 2009 bertepatan pula dengan Purnama Kadasa yang sering disebut sebagai odalan jagat karena sebagian besar kahyangan jagat dan pura lainnya di Bali menyelenggarakan upacara. Kekhawatiran KPUD Bali dan Dewa Gede Ngurah Swasta tentang TPS “sepi” tentu tidak hanya di 3 kabupaten (Klungkung, Bangli dan Karangasem) tetapi kemungkinan di semua kabupaten di Bali.
_____________________________________________________

Mulai Senin, 'Eedan Panca Bali Krama' di Besakih
Amlapura (Bali Post), 15 Januari 2009
Eedan (rangkaian) upacara Panca Bali Krama yang puncaknya direncanakan 25 Maret tahun ini sudah dimulai dengan ngakuagem di pura Penataran Agung Besakih, Senin (12/1) lalu. Sementara nuasen (menetapkan hari baik) karya, nunas tirta pengadeg dan pemarisudha di Pura Dalem Puri Besakih direncanakan pada Tilem, Minggu (25/1) mendatang.
Hal itu disampaikan fasilitator pembentukan panitia yang juga Asisten II Sekdakab Karangasem Ir. Komang Gde, M.M. didampingi Bendesa Pakraman Besakih Wayan Gunatra, Rabu (14/1) kemarin di Amlapura.
Setelah puncak karya 10 tahunan itu, kata Gunatra, Ida Batara direncanakan kaaturan nyejer sebulan yakni dari 25 Maret sampai penyineban 24 April 2009.
Komang Gde mengatakan rancangan awal pembentukan panitia digelar dalam muasyawarah di wantilan Sri Kesari Warmadewa di Besakih Rabu (14/1) kemarin. Diharapkan, dalam nyanggra karya besar itu partisipasi atau bakti seluruh umat Hindu diminta lebih dominan. Hal itu sekaligus sebagai momen penting peningkatan kesadaran dan sradha (iman dan takwa). Rangkaian karya tahun ini mesti disampaikan kepada umat seluasnya, sehingga tak ada satu pun umat Hindu di Indonesia tak mengetahui ada karya Panca Bali Krama di pusat Kahyangan Jagat Besakih itu,' papar Komang Gde. (013)

-----------------------------------------------------
Sebagaimana dengan uraian dalam buku Yasa Kerti Karya Agung Panca Bali Krama 2009, upacara Ngaku Agem sebagai rangkaian pertama terkait pelaksanaan Karya Agung Tawur Panca Bali Krama telah dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2008 (bukan 12 Januari 2009) sedangkan upacara Nuwasen dan Nunas Tirtha Pamarisudha, sebagai rangkaian kedua, akan dilaksanakan pada 25 Februari 2009 (bukan 25 Januari 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar