Senin, 22 Desember 2008

Eka Dasa Rudra 1979

Upacara Eka Dasa Rudra, sebagaimana tersurat dalam tuntunan sastra, adalah upacara Tawur yang dilaksanakan setiap 100 tahun sekali manakala angka satuan dan puluhan tahun Saka mencapai angka 0, disebut pula rah windu tenggek windu.
Di Pura Agung Besakih, sejauh catatan yang ada, Tawur Agung Eka Dasa Rudra pernah dilaksanakan tahun 1963, tepatnya pada Sukra Pon Julungwangi tanggal 9 Maret 1963. Upacara Eka Dasa Rudra 1963 yang disebut sebagai Eka Dasa Rudra paneregteg dilaksanakan karena hingga saat itu tidak diperoleh bukti catatan tentang pelaksanaan Eka Dasa Rudra pada masa-masa sebelumnya.

Tahun 1979, pada Buda Paing Wariga tanggal 28 Maret 1979, kembali diselenggarakan upacara Tawur Agung Eka Dasa Rudra. Upacara Tawur Eka Dasa Rudra 1979 ini sesuai dengan perhitungan perputaran tahun Saka saat satuan dan puluhan mencapai angka nol, yaitu pada tahun Saka 1900.
Rangkaian (dudonan) prosesi Tawur Agung Eka Dasa Rudra dilaksanakan dengan berpedoman pada sumber sastra yang ada disertai berbagai kajian para Sulinggih terhadap tata laksana yadnya Tawur. Pelaksanaan upacara diawali dengan Matur Piuning, Nuwasen Karya, Nuwur Tirtha, Melasti hingga puncak Karya Agung. Dengan waktu pelaksanaan yang berhimpitan dengan Sasih Kadasa (puncak Tawur Eka Dasa Rudra dilaksanakan pada Tilem Kasanga), pelaksanaan Eka Dasa Rudra 1979 dilanjutkan dengan upacara tahunan Bhatara Turun Kabeh pada Purnama Kadasa.

Setelah pelaksanaan upacara Tawur Agung Eka Dasa Rudra 1979, sebagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya, di Pura Agung Besakih secara tetap diselenggarakan upacara tahunan yaitu Tawur Tabuh Gentuh pada Tilem Kasanga dan Bhatara Turun Kabeh pada Purnama Kadasa dan setiap sepuluh tahun dilaksankan Karya Agung Panca Bali Krama (tahun 1989 dan 1999).


Foto-foto Eka Dasa Rudra diambil (scan) dari Buku "Album Eka Dasa Rudra" yang diterbitkan oleh Parisadha Hindu Dharma Indonesia. Foto-foto tersebut merupakan sumbangan dari berbagai pihak yang turut mengabadikan Karya Agung Eka Dasa Rudra 1979. Terbanyak dari penyumbang foto-foto tersebut adalah fotografer John Wiranatha (alm), Fred B. Eiseman Jr., Gusti Ngurah Oka Supartha (alm).

8 komentar:

  1. Yth. Pak Wid.

    Salam,
    Wah, penting sekali blog ini. Saya ikut senang dan apresiatif atas inisiatif Pak Wid.
    Tiang mangkin kuliah ring Yogya.

    Salam dari Yogya...
    I Ngurah Suryawan

    BalasHapus
  2. Terus di update beritanya, menarik banget....,

    terima kasih
    dari made surata
    Jl. Tegal Penangsaran 01 Ungasan Kuta Selatan

    BalasHapus
  3. @ngurah suryawan, suksma atas dukungannya (beh... seperti baliho Caleg yang lagi rame). Saya pikir ini kan 10 tahun sekali, berbagi lelah selama lima bulan, khususnya untuk sameton dirantau, masih okelah. Saya hanya mohon kepada Ida Hyang Widhi Wasa agar diberi sehat dan kuat untuk mencatat PBK2009 hingga tuntas April nanti. Setelah itu, pasti akan ada tugas liputan lain (Samuantiga)..he...he..
    Semoga sukses dengan studinya. Rahajeng Galungan-Kuningan lan Nyepi. Ga pulang kampung?

    @surata, suksma. ikuti terus laporan PBK2009, makin lama kian menarik aja kok.

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat, update terus agar info2 tentang budaya Bali dapat di ketahui oleh masyarakat luas.

    Rahajeng

    BalasHapus
  5. Waktu itu sy kls 1(satu) SD, dpt tangkil bersama rombongan naik truk bak kayu

    BalasHapus